Generasi Anak Muda di Era Milenial



Net

Oleh: Nur Manila
 
Generasi adalah penerus pejuang muda di masa sekarang, anak muda di jaman sekarang yang termasuk dalam masa era globalisasi, dan liberalime, akan menghadapi sebuah tantangan yang berat dan juga pola pikir yang harus di asah oleh anak muda tersebut. Di Era globalisasi ini pemuda atau anak-anak jaman sekarang sudah harus bisa berfikir dengan idealis atau kritis. dalam menghadap dunia yang liberalisme sangat banyak pergaulan yang bebas dangan adanya zaman milenial ini.
 
Milenial adalah perubahan teknologi yang semakin berkembang nya negara,maka semakin  banyak alat-alat teknologi yang tercipta.di era milenial ini sangat berbahaya untuk anak-anak jaman sekarang mau pun anak-anak muda di jaman moderen. Generasi anak muda di era milenial ini banyak sekali informasi-informasi yang masuk dan cepat tersebar, dan diakses oleh siapa saja di mana pun dia berada. Dengan teknologi yang mengampu pemuda milenial ini  dibentuk menjadi pribadi yang serba canggih dan modern.

Terjadinya semua ini justru menjadi bumerang bagi generasi milenial, ada ha-hal utama menjadi pusat perhatian bagi masyarakat dan akhirnya menjadi salah satu pusat perhatian bagi masyarakat sekitar. Untuk itu kemajuan teknologi juga dapat menjadi problematika baru bagi mereka pemuda bangsa ini yang belum siap. Sehingga mereka dijajah oleh zaman, namun tidak secara fisik, melainkan secara mental danpemikiran dengan digiringi problem-problem yang ada seperti  pornografi, narkotika, miras dan lain-lain.

Sehingga Generasi milenial ini yang berorientasi pada teknologi bahwa informasi yang diserap merupakan informasi yang global, yang pastinya membuat budaya dan gaya hidup bangsa asing di luar sana masuk ke dalam negrin. Di mana dalam pandangan generasi muda sekarang sebagai hal yang kekinian atau modern dan menganggap budaya lokal sebagai segala sesuatu yang ketinggalan zaman.

Globalisasi meleburkan batas-batas budaya suatu bangsa dan menyebabkan dunia seakan-seakan menyatu dalam suatu kampung ataupun suatu masyarakat global yang budayanya ialah budaya global dan pastinya merupakan cangkokan budaya negara-negara barat, atau biasa disebut negara maju, sedangkan dalam negara kita adalah negara indonesia yang masih berkembang.

Derasnya arus globalisasi di era globalisasi ini dengan perlahan, namun pasti membuat generasi muda Indonesia asing terhadap budaya sendiri. Dalam generasi milenial ini sebagai pemuda yang seharusnya menjadi sudut pandang dan panutan, contoh untuk penerus generasi lainnya, maka harus bisa merubah pola pikir tersendiri yaitu pola pikir yang positif terhadap perubahan zaman di era globalisasi, pola pikir yang selalu beranggapan bahwa teknologi itu sudah menguasai diri kita sendiri.

Peran generasi muda dalam menghadapi tantangan zaman di era milenial yaitu bisa memandang peluang menghadapi kemajuan-kemajuan teknologi dengan pola pemikiran yang universal dan intelektual agar tidak menyalah gunakan teknologi informasi. Sebagian besar yang dihadapi pemuda zaman sekarang ini kebanyakan menggunakan teknologi sebagai pola pemikiran yang labil atau pemikiran seperti kekinian, pemikiran yang tidak berpengalam emosional, negatif dan lain-lain. Sehingga banyak terjadinya dampak-dampak negatif di bandingkan dampak positif. 

Pola pikir generasi sudah terangsang pada hal yang tak diinginkan oleh kemajuan teknologi yang telah menjadi tantangan berat bagi generasi penerus perjuang bangsa. Harus bisa merubah  mensetnya dengan menggunaka alat-alat canggih tersebut dengan baik, dan positif. Sehingga bisa membatasi dalam setiap menggunakan alat teknologi, dan lebih memperbanyak mencari refrensinya dari pada menggunakan hal-hal yang instan, dengan banyaknya membaca dan lebih banyak menemukan refrensinya semakin banyak pengetahuan yang akan tersalurkan, dan memicu pemikiran untuk berfikir yang intelektual, pemikiran yang jernih dan juga bisa dipahami oleh setiap masyarakat maupun ruang lingkup tersendiri.

Komentar

Posting Komentar